Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat

Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat. Ayam merupakan sumber protein paling murah setelah ikan namun di bulan - bulan tertentu seperti bulan ramadhan kerap kali harga ayam akan melambung tinggi disamping itu tak dapat dipungkiri juga ada pedagang - pedagang ayam yang nakal dengan menjual ayam yang tak layak konsumsi kepada calon pembelinya. Bagaimana supaya kita tidak salah pilih daging ayam saat hendek membelinya dipasar atau pada pedagang ayam ?!
Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat

Tips Memilih Daging Ayam Segar dan Sehat

1. Warna Daging ayam
Daging ayam yang masih segar dan baik untuk dikonsumsi biasanya berwarna pink cerah. Bila ada daging ayam yang berwarna putih biasanya disebabkan karena perendaman es yang terlalu lama. Hal ini kita jumpai di supermarket. Warna putih juga tidak masalah asalkan masih ada unsur-unsur pink yang menandakan kesegaran.  
2. Aroma dan Tekstur Daging Ayam
Aroma yang tidak wajar mengindikasikan ayam tersebut sudah tidak sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, perhatikan juga tekstur daging ayam ketika dipencet. Apabila kembali ke bentuk semula setelah dilepaskan, ayam tersebut sehat. Ayam juga harus memiliki karkas utuh, tidak ada bercak darah atau bagian yang memar.  
3. Indikator
Cermati daging ayam yang hendak anda pilih. Kalau banyak dihinggapi lalat biasanya tidak mengandung pengawet berbahaya dan daging ayam tersebut masih segar. Karena lalat merupakan indikator terbaik sebab binatang ini tidak tertarik pada daging yang berpengawet.

Jika Anda masih kesulitan memilih daging ayam yang masih sehat dan segar, ada baiknya anda mengunjungi gerai-gerai yang khusus menjual ayam, baik ayam segar, ayam berbumbu, maupun ayam olahan (seperti chicken nugget) seperti Bel-Mart. Gerai-gerai seperti ini menyajikan ayam segar setiap hari karena produk yang tidak laku akan dikirim kembali ke pabrik untuk diolah menjadi chicken nugget. Stok ayam akan diperbarui setiap hari sehingga lebih terjamin kesegarannya.

2 komentar:

tomi mengatakan...

cocok buat blogger yang hobby masak atau perempuan nih tipsnya.kalau saya tinggal makan dagingnya aja :D

Irfan mengatakan...

Kita memang harus lebih selektif dalam memilih makanan maupun bahan makanan.
Apalagi di saat sekarang ini.

Nice post . . . :)

Posting Komentar